Cara Kerja GPS Tracker Pelacak Mobil


Cara kerja GPS tracker melibatkan banyak bagian, mulai dari alat / gps tracker yang digunakan sebagai alat pelacak, kemudian PROVIDER / penyedia layanan yang akan menyediakan koneksi / JARINGAN ke WEB SERVER.

Kemudian ada SATELIT di angkasa yang menerima / menangkap lokasi di bumi, ada basis penyimpanan data (DATA BASE), dan masih banyak lagi yang terlibat dalam proses kerja GPS Tracker.


Cara Kerja GPS Pelacak Mobil



Cara kerja GPS Tracker yang akan Kita bahas ini, berlaku untuk semua jenis kendaraan bergerak (memiliki AKI / Arus kelistrikan) yang telah di pasang alat pelacak.

Contohnya seperti, Sepeda Motor, Mobil, Truk, Bus, Alat berat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kita akan bahas Sistem dan proses kerja dari GPS Tracker mobil, mulai dari alat pelacak hingga dapat digunakan sebagai alat pelacak mobil. Tapi sebelum mengupas lebih jauh cara kerjanya, kita akan bahas apa saja yang terlibat dalam proses kerja GPS Tracker mobil, dan apa saja fungsi serta tugasnya dalam pelacakan.

Mari Kita awali dari kata GPS Tracker,

GPS Tacker jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti GPS Pelacak

Sedangkan GPS adalah sebuah singkatan dari Global Posision Sistem.
Untuk lebih lengkap tentang GPS baca di
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Pemosisi_Global


Tapi, jika di nyatakan dengan kata GPS Mobil, maka ini bisa menjadi 2 makna kata yang berbeda.

1.GPS Navigasi Mobil

2.GPS Pelacak mobil

Untuk penjelasan singkatnya,


1. GPS Navigasi Mobil

gps navigasi mobil digunakan untuk menunjuk arah ketika mengemudi.
Dengan bantuan GPS Navigasi, Kita akan diarahkan ke lokasi yang telah kita program.

Contoh yang paling mudah adalah dengan ponsel yang telah memiliki aplikasi maps (google maps).

Untuk pengguna Android , Kita bisa lihat pada aplikasi maps, telah tersedia aplikasi navigasi.
Sistim kerja GPS Navigasi mobil mirip dengan yang ada di ponsel.



2. GPS Pelacak Mobil 

Sekarang Kita sudah mulai sedikit paham, jika dilihat dari segi bahasa yang kita gunakan (Bahasa Indonesia),

Maka “GPS Tracker Mobil” itu merupakan sebuah ungkapan untuk kata “alat pelacak mobil”.

Bagaimana menurut Anda..?”

Setuju tidak..?..jika “GPS Tracker”  di artikan menjadi “alat pelacak” ?’

Komponen GPS Tracker

GPS Tracker terdiri dari komponen-komponen electronik, yang telah di disain untuk dapat menerima dan mengirim sinyal GPS / GSM / GPRS semaksimal mungkin. Untuk komponen yang digunakanpun, ada kemiripan dengan komponen pada  ponsel.

Komponen GPS Tracker terdiri dari modul pengirim dan penerima sinyal, didisain khusus pada bagian penguat sinyal, dirancang sebaik mungkin, agar dapat maksimal menerima dan mengirim sinyal. Begitu juga pada bagian antena, dirancang agar lebih sensitif.

Fungsinya, agar dapat di deteksi diarea-area tertentu (area tertutup). Dan perangkat GPS Tracker yang beredar  saat ini, umumnya antena sudah di dalam (build in).

Kelistrikan


GPS Tracker pelacak mobil untuk in-put strum  (tegangan masuk), secara umum bekerja pada tegangan di sekitar  “12 Volt” menyesuaikan dengan tegangan pada kelistrikan mobil. Namun GPS Tracker mobil umumnya di disain pada tegangan “9V- 36V”.

Sim-card

Alat pelacak menggunakan Sim-Card.

Pastinya kita semua sudah tahu apa itu sim-card, tiap ponsel menggunakan simcard. Biasanya kita menyebutnya dengan nama’’ kartu Hp’’. Kartu ponsel ini ada 2 macam, 1. GSM dan ke2. CDMA.

Pada GPS Tracker pelacak mobil / motor umumnya menggunakan simcard GSM.

Provider

Provider diambil dari kata Internet Service Provider (ISP)
Di Indonesia disebut Penyedia Jasa Internet (PJI)

ISP / PJI merupakan perusahaan yang menyediakan jasa layanan jaringan internet. Di Indonesia, perusahaan telepon umumnya menyediakan jasa layanan internet.

Contohnya...Telkom, Indosat, XL, 3, dll.

ISP memiliki jaringan skala Nasional maupun Internasional, maka pengguna dapat terhubung ke jaringan internet secara luas / global. Jaringan internet digunakan sebagai media untuk mengantar / mengalirkan data, dapat melalui modem, radio, salah satunya GPS Tracker mobil, dan juga perangkat lainnya.

Apa hubungan provider dengan GPS Tracker?

Disini provider sebagai penyedia layanan jaringan.
Jaringan yang disediakan, GSM dan GPRS. Jaringan ini digunakan sebagai sarana penghubung antara GPS Tracker dengan ponsel pengguna.

Kita dapat memantau pergerakan mobil via ponsel / tablet / laptop, sebab Mobil dipasang alat  pelacak . Alat pelacak memberi dan menerima gelombang sinyal GPS / GSM melalui BTS.

BTS memberi dan menerima gelombang sinyal dari ponsel, kemudian memberi dan menerima sinyal dari satelit. Satelit menangkap lokasi kendaraan dan menyampaikan ke BTS.

BTS menyampaikan lokasi kendaraan yang ditangkap satelit ke ponsel / tablet / laptop.

Lalu di mana fungsi SERVER ?

SERVER menerima semua INFORMASI DATA dan menyimpannya dengan aman di basis data (DATA BASE), data yang ada di server akan diberikan ke pengguna ketika pengguna memintanya (log-in). Server juga di bagi menjadi beberapa bagian, namun untuk pembahasan kali ini Kita khususkan untuk yang berhubungan dengan GPS Tracker.

Rekaman data perjalanan kendaraan / waktu / rute / lokasi dll, di simpan dalam DATA BASE. Dan ketika Kita ingin membuka / melihat data perjalanan, maka Kita dapat melihatnya dengan log-in melalui web tracking ataupun aplikasi tracking yang telah di sediakan server.





0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.